Syarat Tumbuh Tanaman Lengkuas Terkait Dengan Iklim dan Tanah


Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional.
Lengkuas adalah salah satu jenis rempah – rempah yang amat populer pada kuliner tradisional. Dikenal sebagai rempah – rempah dengan manfaat dan khasiat yang luar biasa. Walaupun secara histories tanaman ini berasal dari India, namun keberadaannya di Indonesia telah meluas sampai keseluruh penjuru daerah. Sebagai bukti, lengkuas memiliki nama daerah yang beragam, diantaranya laos, langkueh, lengkues, lingkuas, engkuas, ringkuas, lingkaos dan lain – lain.
Lengkuas (Lenguas galanga atau Alpinia galanga) termasuk termasuk tumbuhan tegak yang tinggi batangnya mencapai 2-2,5 meter. Lengkuas dapat hidup di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi, lebih kurang 1200 meter diatas permukaan laut. Ada 2 jenis tumbuhan lengkuas yang dikenal yaitu varitas dengan rimpang umbi (akar) berwarna putih dan vaaritas berimpang umbi merah. Lengkuas berimpang umbi putih inilah yang dipakai penyedap masakan, sedang lengkuas berimpang umbi merah digunakan sebagai obat.
Lengkuas termasuk dalam kategori tanaman semak yang dapat berumur tahunan. Sebagaimana pada jenis rempah – rempah yang lainnya, lengkuas memiliki batang semu yang dibentuk dari kumpulan daunnya. Daunnya berbentuk bulat panjang dengan ujung yang meruncing dan memiliki bau yang aromatis. Khususnya didaerah Jawa, dikenal 2 macam jenis / varietas dari lengkuas, yaitu lengkuas merah ( memiliki rimpang dengan kulis luarnya berwarna  kemerahan ) dan lengkuas putih (dengan kulit luar berwarna putih).


Tanaman Lengkuas Merah ( Alpinia purpurata K.Schum )
Gambar Lengkuas merah
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Monocotyledoneae
Bangsa : Zingiberales
Suku : Zingiberaceae
Marga : Alpinia
Jenis : Alpinia purpurata K. Schum

Lengkuas merah ditemukan menyebar di seluruh dunia. Untuk tumbuh, lengkuas menyukai tanah gembur, sinar matahari banyak, sedikit lembab, tetapi tidak tergenang air. Kondisi tanah yang disukai berupa tanah liat berpasir, banyak mengandung humus. Dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.200 meter di permukaan laut. Untuk mengembangbiakkan tanaman ini dapat dilakukan dengan potongan rimpang yang sudah memiliki mata tunas. Selain itu dapat pula dengan memisahkan sebagian rumpun anakan. Pemeliharaannya mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar.
Lengkuas Merah (Alpinia galanga) tumbuh di tempat terbuka. Tanaman ini relatif membutuhkan paparan matahari. Selain itu, Lengkuas Merah tumbuh di tanah yang lembab dan gembur. Tanaman ini dapat dikembangbiangkan dengan rimpang. Rimpang ini pula yang dipakai dalam pengobatan.

Syarat Tumbuh Tanaman Lengkuas:
1.      Terkait dengan Iklim
·         Ketinggian tempat : 1 – 1200 m diatas permukaan laut
·         Curah hujan tahunan : 2500 – 4000 mm/tahun
·         Bulan basah (di atas 100 mm/bulan) : 7 – 9 bulan
·         Bulan kering (dibawah 60 mm/bulan) : 3 – 5 bulan
·         Suhu udara : 29′ C – 25′ C.
·         Kelembapan : sedang
·         Penyinaran : tinggi
2.      Terkait dengan Tanah
·         Jenis : latosol merah coklat, andosol, aluvial.
·         Tekstur : lempung berliat, lempung berpasir, lempung merah, lateristik.
·         Drainase : baik
·         Kedalaman air tanah : 50 – 100 cm dari permukaan tanah
·         Kedalaman perakaran : 10 – 30 cm dari permukaan tanah
·         Kesuburan : sedang – tinggi



Comments

  1. sangat menarik ilmunya.. thanks atas ilmunya sob...

    ReplyDelete
  2. wah keren ilmunya gan,,thanks banget ilmunya gan,,,

    ReplyDelete
  3. Hi Selamat pagi mas masku
    teman kamu pada menang puluhan juta
    ayo giliran kamu! menangkan sekarang juga
    Pilih Agen Poker & DominoQQ Yang Terpercaya?
    PIN BB : D61E3506
    Whatsapp : +85598249684
    L ine : Sinidomino
    dewa poker

    ReplyDelete
  4. Saya baru mau nanam lengkuas. Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Penyerapan Air Oleh Tanaman

Laporan Praktikum Pengenalan Alat-alat Klimatologi

Faktor Pengendali Iklim Beserta Penjelasannya